Apa itu teknologi 5G dan apa manfaatnya bagi kita

Indian IT firms to benefit from large US banks bet on technology spend in  2020 - The Economic TimesBelum lama ini ketika Pakistan pertama kali mendapatkan jaringan 3G dan 4G setelah kehilangan teknologinya untuk waktu yang sangat lama dan segera setelah itu, semua orang mulai membicarakan hal besar berikutnya di dunia teknologi, teknologi 5G.

Saat ini, kami telah mendengar tentang hal-hal seperti pertarungan 5G antara Huawei dan AS , negara-negara yang tengah melakukan uji coba untuk menguji jaringan yang akan datang, pembicaraan tentang peralatan dan infrastruktur 5G, dll. Dan banyak orang mulai mempertanyakan apakah 5G benar-benar masalah besar.

Baru-baru ini, PTA juga telah mengeluarkan kerangka kerja untuk pengujian dan pengembangan 5G di Pakistan dan jika Anda tidak yakin apa yang diharapkan dari teknologi 5G yang akan datang, izinkan kami membantu Anda dalam memecah apa itu sebenarnya, bagaimana cara kerjanya, dan apa manfaatnya bagi kami. Kunjungi Tekno Today untuk berita lebih lanjut.

Apa itu teknologi 5G

Menggambarkannya dengan kata-kata yang mudah, 5G adalah generasi kelima dari konektivitas seluler yang akan menggantikan atau melengkapi jaringan 4G LTE saat ini untuk memberikan kecepatan unduh dan unggah yang lebih cepat, koneksi yang jauh lebih stabil, dan jangkauan yang lebih luas di seluruh dunia.

Menariknya, “G” di sini mewakili bahwa itu adalah generasi teknologi nirkabel. Standar awal untuk teknologi 5G ditetapkan pada akhir 2017 dan sejak perusahaan telekomunikasi bekerja keras untuk mewujudkannya bagi pengguna mereka.

Dalam istilah awam, teknologi 5G adalah tentang spektrum radio yang memungkinkan tiga hal:

  • Transmisi gigabyte data dalam waktu singkat (pikirkan tentang mengunduh / mengunggah data 2GB dalam hitungan detik)
  • Jauh lebih banyak perangkat (ponsel, sensor, dan perangkat pintar) yang dapat terhubung secara bersamaan
  • Latensi yang lebih rendah (waktu yang diperlukan perangkat untuk berkomunikasi dengan jaringan nirkabel lain) karena waktu respons khas jaringan 3G adalah 100 milidetik, 4G membutuhkan waktu sekitar 30 milidetik, dan 5G diperkirakan hanya membutuhkan waktu 1 milidetik.

Bagaimana cara kerjanya?

Sekarang setelah Anda memahami apa itu 5G, mari kita uraikan bagaimana teknologinya akan bekerja. 5G, serupa dengan jaringan 4G kami, akan menggunakan jaringan situs seluler atau menara untuk mengirim data yang dikodekan melalui gelombang radio. Situs-situs ini akan membagi wilayah menjadi beberapa sektor dan akan terhubung ke jaringan 5G melalui koneksi backhaul kabel atau nirkabel.

Bagaimana teknologi 5G bermanfaat bagi kita

MIT Technology Review menjelaskan bahwa teknologi 5G akan membawa “perubahan paradigma teknologi yang mirip dengan lompatan dari mesin tik ke komputer.” Jadi pada dasarnya, umat manusia akan memasuki dunia baru konektivitas dengan kekuatan pemrosesan yang diharapkan 100 kali lebih cepat dari 4G (pada kecepatan maksimum teoritisnya).

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, 5G akan memungkinkan pengguna mengunduh film dan streaming film dengan lebih cepat, tetapi itu bukan satu-satunya kelebihannya. Teknologi ini akan melahirkan ekosistem cerdas perangkat pintar yang akan mengumpulkan data pengguna dalam jumlah besar untuk mengubah cara kita hidup secara individu dan masyarakat.

Semua teknologi yang muncul saat ini seperti Internet of Things (IoT), kecerdasan buatan (AI), realitas yang diperluas dan blockchain, dll. Akan melihat ke arah 5G untuk menciptakan kegunaan baru bagi masyarakat.

Mari kami jelaskan beberapa manfaat dengan contoh:

Realitas yang Diperluas; Augmented Reality & Virtual Reality

Baik peningkatan kecepatan dan konektivitas ditambah dengan latensi yang lebih rendah akan menciptakan dampak besar pada realitas yang diperluas termasuk realitas virtual dan augmented reality.

Misalnya, Kacamata Cerdas yang karena masalah konektivitas tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk keperluan individu atau industri. Bayangkan saja teknologi ini dibebaskan dari belenggu dengan internet 5G.

Fitur-fitur seperti pengukuran AR yang baru-baru ini muncul di smartphone Huawei bisa dikenalkan di Smart Glasses dan kita bisa mengukur apa saja hanya dengan melihat sebuah objek.

Microsoft telah mengerjakan “holoportasi,” sebuah fenomena yang kami para penggemar Star Wars tahu betul di mana seseorang dapat berbicara dengan hologram 3D berukuran penuh. Para peneliti sedang giat belajar untuk mengeksplorasi teknologi ini dengan headset AR HoloLens yang berkat 5G dapat menjadi kenyataan untuk komunikasi.

Mobil Otonom

Banyak perusahaan mobil dan teknologi bekerja untuk menyempurnakan dan mengeksplorasi mobil self-driving dan teknologi 5G dengan kemampuan untuk mengirim dan menerima gigabyte informasi dari sensor dan kendaraan atau perangkat pintar lainnya dapat menjadikan kendaraan otonom sebagai kebutuhan pokok.

Ratusan sensor onboard akan membantu mengemudikan mobil dengan aman, membuat pengemudi menjadi penumpang dengan mobil mereka sendiri.

Daerah pedesaan

Tidak hanya kota-kota maju, daerah pedesaan juga akan mengalami revolusi dengan munculnya 5G. Proyek 5G Pedesaan Pertama sedang meneliti perkembangan baru dalam agritech (teknologi pertanian).

Di masa mendatang, Anda akan melihat traktor otonom yang dapat bekerja di lapangan tanpa manusia dan drone yang dapat memberikan gambar definisi tinggi untuk membantu kita melihat tanaman, tanah, dan gulma dengan lebih baik.

Peternak sapi perah akan dapat menggunakan sensor yang dipasang di kerah sapi untuk memeriksa kesehatan, kesuburan, dll. Mereka bahkan dapat merasakan suasana hati ternak dan akan membantu pemerah mandiri untuk mengetahui berapa banyak susu yang harus dikumpulkan. dari sapi tertentu.

Semua sensor ini secara bersamaan akan mengirimkan data untuk menganalisis dengan lebih baik keseluruhan informasi di cloud untuk pengelolaan pertanian yang lebih baik.

Kota Cerdas

Kota-kota maju akan menjadi yang pertama mengalami dunia di mana semua perangkat saling berkomunikasi dan sebagai gantinya membuat hidup kita menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Teknologi 5G akhirnya akan membuat konsep kota pintar menjadi kenyataan hidup karena kamera dan sensor akan melacak pergerakan orang, lalu lintas, lingkungan, jaringan utilitas seperti listrik, gas, dll. Layanan darurat termasuk polisi untuk menciptakan lingkungan hidup yang lebih baik. .

Di dunia yang sangat terhubung, lampu di jalan dan di rumah Anda akan menghemat energi dengan sendirinya dan menyala dan mati saat dibutuhkan.

Kecerdasan buatan

Kecerdasan buatan akan memiliki hubungan simbiosis dengan 5G. Ini akan membantu teknologi mengetahui kekuatan dan kelemahannya melalui pembelajaran mesin untuk membantunya berkembang.

Pada saat yang sama, AI akan membantu mempelajari informasi melalui jutaan sensor dan aliran data untuk membantu orang. Misalnya, mobil otonom Anda akan membagikan dan menerima informasi dari berbagai sensor dan dengan bantuan AI, mobil itu sendiri akan mengambil keputusan seperti mengambil rute yang berbeda, berhenti di kedai kopi setiap pagi, dll.

Robot akan dapat belajar dan menjadi lebih baik dengan pembelajaran mesin dengan terus berbagi dan menerima data, suatu prestasi yang hanya mungkin dilakukan melalui 5G.

Ketersediaan teknologi 5G

Satu dekade dalam pembuatan dan sekarang teknologi 5G ada dalam genggaman kita. Ini akan diluncurkan secara massal pada tahun 2020. Operator di seluruh dunia telah memulai uji coba 5G dan pembuat smartphone telah mulai meluncurkan smartphone 5G untuk pasar konsumen .

5G bukan lagi kata kunci dan masa depan inovasi bergantung pada keberhasilan peluncuran dan penerapan teknologi ini yang memiliki kekuatan untuk benar-benar merevolusi dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *