Bagaimana Menjaga Kebersihan Laptop Anda Saat Bepergian

Laptop Cleaning Tips Before it Gets Very Dirty | SONOWipes

Sejujurnya, kapan terakhir kali Anda membersihkan laptop secara fisik? Saat bekerja selama perjalanan, laptop Anda akan digunakan di mana saja, dari kedai kopi hingga ruang kerja bersama dan, jika Anda beruntung, di tepi kolam renang dengan koktail lezat di tangan Anda.

Meski Anda berusaha menjaganya tetap bersih, tetap saja kotor. Tentu saja Anda harus menjaga laptop Anda aman dari kerusakan , tetapi penting juga untuk mengetahui cara menjaga kebersihan laptop Anda saat bepergian. Pemeliharaan rutin akan memastikan masa pakai yang lebih lama untuk laptop dan akan menjaganya tetap dalam kondisi prima. Kegagalan untuk melakukannya dapat mempercepat penurunan bertahap teman perjalanan elektronik Anda.

Dalam posting ini, saya akan membagikan beberapa tip pembersihan laptop teratas dan pilihan peralatan untuk menjaga laptop dan tablet Anda terlihat baru selama mungkin.

Kabar baiknya adalah sebenarnya cukup mudah untuk keeo komputer Anda bersih. Bagian terpenting yang sangat mudah dirawat adalah:

  • Layar laptop Anda
  • Keyboard Anda
  • Casing komputer
  • Ventilasi
  • Touchpad Anda

Jadi pertama-tama, mari kita lihat beberapa hal yang Anda perlukan.

Peralatan untuk membersihkan laptop cukup murah dan mudah didapat dan sesuatu yang saya anggap sebagai aksesori penting untuk laptop. Di bawah ini adalah daftar dari beberapa peralatan yang dapat digunakan untuk pemeliharaan laptop Anda.

1. Kain atau handuk microfiber

Kain atau handuk bebas serabut dengan mudah merupakan alat terbaik yang digunakan saat menggosok bagian-bagian laptop. Cobalah untuk tidak menggunakan handuk kertas, tisu wajah, atau kain yang menggores atau abrasif. Handuk tebal paling baik untuk membersihkan casing laptop sementara handuk tipis atau kain mikrofiber lebih baik untuk bagian laptop yang lebih lembut seperti layar dan keyboard. Kedengarannya jelas, tetapi saya tetap harus menyebutkannya, saat Anda membersihkan bagian dalam dan halus laptop Anda, pastikan handuk atau kain bersih dan kering.

2. Air suling atau isopropil alkohol

Meskipun saya telah menyebutkan untuk tidak menggunakan kain basah saat membersihkan sisi laptop Anda, Anda pasti menginginkan sedikit kelembapan untuk bagian luarnya.

Saya akan merekomendasikan menggunakan handuk yang agak lembab untuk membersihkan permukaan luar dan casing laptop, hanya sedikit air atau alkohol yang akan dilakukan.

3. Sikat dan lap

Penggunaan kuas, seperti kuas, adalah cara yang bagus untuk membersihkan laptop Anda, terutama jika Anda rentan terhadap beberapa remah. Sikat dapat digunakan untuk menyeka debu dan merupakan pilihan yang baik untuk keyboard karena kurang agresif dibandingkan lap debu atau handuk pada tombol Anda.

. Vakum mini portabel

Seperti yang Anda harapkan, ini bekerja dengan menyedot kotoran, debu, makanan, dan partikel rambut yang tersembunyi di dalam keyboard laptop. Kalau-kalau Anda memiliki salah satu dari “Saya tahu!” Saat-saat, jangan gunakan penyedot debu berkekuatan penuh yang dihubungkan ke dinding. Mereka dapat menghasilkan banyak listrik statis yang dapat merusak laptop Anda. Selain itu, pastikan untuk memeriksa kunci yang longgar sebelum menyalakannya jika tidak maka akan tersedot hingga terlupakan. Yah, kantong vakum, tapi Anda tidak ingin terlalu banyak mencari di sana,

6. Membersihkan gel atau slime

Produk lain yang saya suka adalah gel pembersih ini . Ini adalah zat jenis lendir yang sangat keren yang merupakan pilihan bagus untuk turun di antara tombol keyboard. Karena ingin kata yang lebih baik, itu semacam percikan dan keluar di antara tombol dan lendir lengket mengambil debu dan remah-remah. Ini adalah produk kecil yang bagus untuk digunakan di antara pembersihan yang lebih dalam. Bahkan saat Anda tidak sedang membersihkan laptop dengan itu, cukup memuaskan untuk menyodoknya dengan jari Anda atau mengejar anak-anak Anda di sekitar rumah dengan itu!

Bagaimana cara menjaga kebersihan laptop Anda

Sekarang setelah Anda mengetahui beberapa produk yang tersedia untuk membersihkan laptop, mari kita lihat beberapa metode pembersihan yang dapat Anda gunakan untuk menjaga mesin Anda dalam kondisi prima dan siap digunakan selama bertahun-tahun yang akan datang.

Bagaimana cara membersihkan casing laptop Anda

Casing ada agar terlihat bagus dan melindungi jeroan laptop Anda, menjaganya tetap bersih itu penting, apalagi jika Anda sering bepergian untuk bekerja. Bagaimanapun, kita semua tahu bahwa laptop yang bagus dapat memenangkan beberapa poin bonus saat bertemu klien.

Gunakan kain katun atau handuk yang sedikit basah yang telah dibasahi dengan air atau bahan pembersih khusus.

Tidak disarankan untuk membersihkan casing bagian luar laptop dengan produk pembersih rumah tangga biasa karena bisa sangat keras. Alkohol gosok dapat menggantikan air, terutama jika zat pada laptop cukup membandel.

Adanya debu, kotoran, rambut, atau zat lain di ventilasi laptop Anda akan mencegah aliran udara di dalam sistem dan ini dapat menyebabkan laptop melakukan boot ulang secara tidak terduga karena panas berlebih. Dalam kasus seperti ini, metode pembersihan yang paling tepat adalah dengan menggunakan sikat atau udara bertekanan.

Cari bukaan laptop di mana laptop menarik udara sejuk dari luar atau meniup udara panas dari dalam, bukaan ini biasanya terletak di samping, belakang atau bawah. Setelah menemukan titik-titik ini, bersihkan partikel kotoran dan debu menggunakan kapas atau udara bertekanan.

Tip pembersihan :

Jika Anda menggunakan udara bertekanan untuk membersihkan lubang yang memiliki kipas di dalamnya, banyaknya udara yang dihembuskan ke kipas dapat menyebabkan kipas berputar terlalu cepat, yang dapat merusak kipas. Untuk mencegah hal ini terjadi, letakkan sesuatu di antara bilah kipas, seperti tusuk gigi, agar kipas tidak berputar saat meniupkan udara bertekanan ke dan melalui kipas dan saluran udara.

Cara membersihkan layar laptop Anda

Meskipun layar LCD modern pada laptop besar dan kecil dapat memiliki detail yang indah dan kaya warna, layar tersebut terkadang sedikit – atau banyak – kotor yang dapat mengganggu, terutama saat mengedit media dan videoApakah Anda membiarkannya terbuka terlalu lama dan menjadi berdebu, atau keyboard Anda telah memindahkan beberapa oli atau kotoran lainnya langsung ke tengah layar Anda. Untuk membersihkan partikel debu dari layar, paling tepat menggunakan kain mikrofiber sedangkan untuk kotoran dan kotoran spons atau handuk lembab paling tepat, untuk minyak dan benda lengket, larutan pembersih paling cocok. Tips Membersihkan Layar Laptop :

Langkah 1: Matikan laptop Anda. Tidak hanya aman, tetapi juga membantu Anda melihat debu atau kotoran yang perlu dibersihkan.

Langkah 2: Menekan layar dengan lembut, usap ke satu arah menggunakan solusi pembersih layar laptop Anda. Jangan menggosok atau mengelap secara melingkar, karena ini dapat merusak layar atau hanya memindahkan partikel debu.

Langkah 3: Lanjutkan menyeka layar hingga bebas dari partikel debu atau kotoran

Jika spons basah digunakan pada layar, biarkan layar mengering terlebih dahulu sebelum menutup penutupnya.

Cara membersihkan keyboard laptop

Membersihkan keyboard laptop sangat berbeda dari keyboard komputer standar. Untuk banyak keyboard laptop, tombol tidak dapat dilepas sepenuhnya sehingga membersihkan keyboard mungkin tampak sulit.

Cara terbaik adalah dengan menggunakan kain kering, sikat pelukis, atau kemoceng untuk menyeka partikel debu dari permukaan dan sisi tombol.

Udara terkompresi dapat digunakan untuk meniup debu, kotoran, rambut, atau zat lain di antara dan di bawah tombol.

Anda juga dapat menggunakan penyedot debu mini untuk mengambil remah-remah atau kotoran dari bawah kunci.

Membersihkan touchpad Anda

Untuk membersihkan permukaan panel sentuh, kain lembab dapat digunakan untuk menyeka noda berminyak dan kotoran, sementara handuk kering atau kemoceng dapat digunakan untuk menyeka partikel debu.

Beberapa tips membersihkan laptop

Berikut adalah beberapa tip dasar tambahan yang perlu diingat saat membersihkan laptop Anda serta saran untuk mengikuti untuk memastikan laptop tetap bersih.

  • Jangan pernah menyemprot, memercikkan, atau menyemprotkan cairan apapun langsung ke laptop. Melakukan hal ini dapat menyebabkan malfungsi karena air adalah musuh sebagian besar elektronik. Cairan harus disemprotkan pada handuk dan handuk kemudian dapat digunakan untuk membersihkan sistem.
  • Penyedot debu bisa digunakan untuk menyedot kotoran, debu, atau rambut di sekitar laptop. Namun, tidak disarankan untuk menggunakan penyedot debu yang terhubung ke stopkontak, sebagai gantinya gunakan penyedot debu portabel atau udara bertekanan.
  • Sebelum memulai operasi pembersihan apa pun pada laptop, usahakan untuk mematikannya terlebih dahulu, terkadang disarankan untuk juga melepas baterai.
  • Berhati-hatilah saat menggunakan pelarut pembersih karena beberapa pelarut pembersih mengaktifkan reaksi alergi pada kebanyakan orang, beberapa bahan pembersih terkonsentrasi bahkan dapat merusak laptop, maka selalu gunakan air atau pelarut yang sangat encer untuk membersihkan.
  • Sebelum membersihkan pastikan tidak ada item tambahan yang masih terhubung ke laptop. Item seperti flash drive, modem, pad, dan terkadang mouse harus dilepaskan dari laptop sebelum dibersihkan.

Seberapa sering Anda harus membersihkan laptop?

Ini tergantung pada berbagai faktor seperti lokasi dan lingkungan tempat laptop digunakan, tujuan penggunaannya, dan orang yang menggunakannya.

Namun disarankan untuk membersihkan laptop Anda setidaknya sekali setiap tahun jika Anda tinggal di lingkungan yang bersih dan sejuk.

Jika lingkungan Anda cukup hangat dan berdebu maka disarankan untuk membersihkan peralatan Anda setidaknya sekali setiap bulan, ini akan membantu mencegah kuman menyebar dan membantu memungkinkan aliran udara yang tepat melalui ventilasi apa pun.

Pikiran terakhir tentang membersihkan laptop Anda

Sebagai seorang musafir biasa, saya tahu betul kerasnya laptop. Tanpa henti ditarik masuk dan keluar dari tas Anda, saat menjalani pemeriksaan bandara atau bekerja di kafe, tas itu terus-menerus terkena banyak kotoran. Jadi untuk memastikan masa pakai terpanjang laptop Anda, Anda harus berusaha untuk membersihkannya secara teratur.

Selain membersihkan secara fisik, penting juga untuk selalu memantau pemeliharaan sistem Anda . Menghapus file lama, mendefragmentasi hard drive, dan memeriksa pembaruan yang dikombinasikan dengan rutinitas pembersihan perangkat keras yang baik akan memastikan laptop Anda menjadi yang terbaik selama mungkin. update terus Kumpulan Berita Informasi Terpercaya lainnya yang bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *