Benarkah Ambulans Kosong Mondar-mandir di DKI Jakarta untuk Takuti Warga?

Benarkah Ambulans Kosong Mondar-mandir di DKI Jakarta untuk Takuti Warga?

Beberapa kala belakangan informasi perihal mobil ambulans yang kosong mondar-mandir di jalan Jakarta viral. Diklaim, ambulans ini sebetulnya sengaja mondar-mandir agar masyarakat panik. Sehingga mereka mau untuk diswab dan vaksin COVID-19.

Berikut narasinya:

“Ambulan kosong sengata muter2 ciptakan kepanikan biar warga mau di swab dan vaxx kaga semenggah.”

Penelusuran

Penelusuran cek fakta merdeka.com, kabar ada mobil ambulans kosong sengaja berputar-putar untuk menakuti warga telah dibantah oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta Karoseri Ambulance .

Dilansir dari CNN Indonesia, Kepala Unit Pelayanan Ambulans Gawat Darurat Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Winarto ,membantah mobil ambulans kosong mondar-mandir di jalan raya untuk menakuti warga terhadap bahaya Covid-19.

Winarto menyatakan bahwa ambulans mengalami peningkatan kegiatan gawat darurat hingga dua kali lipat di era pandemi Covid-19. Setiap ambulans yang selesai mengantar pasien, maka akan ulang pergi untuk dibersihkan.

“Ambulans akan pergi ke area dekontaminasi, pembersihan ambulans/disinfektan. Untuk ambulans gawat darurat, area dekontaminasi di Sunter,” kata Winarto kala dihubungi, Selasa (29/6).

Dalam perjalanan dari tempat tinggal sakit ke area dekontaminasi di Sunter, ambulans tentu dalam suasana kosong. Winarto berpikiran itu disalahartikan oleh masyarakat.

“Mungkin ini yang muncul ambulans layaknya enggak bawa penumpang atau kosong, gara-gara akan menuju area dekon atau kosong setelah sistem dekon. Proses dekon sendiri memakan kala 1-1,5 jam,” ujarnya.

Kesimpulan

Atas penelusuran tersebut, informasi perihal mobil ambulans kosong mondar-mandir di jalan untuk menakuti warga adalah hoaks.

Padahal faktanya ambulans selanjutnya tengah beroperasi menyusul lonjakan masalah COVID-19 di DKI Jakarta. Selesai mengantar pasien, maka ambulans pergi dengan suasana kosong untuk dibersihkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *