Cara Membuat Efek Starburst: Foto Cahaya Lampu Tampak Seperti Bintang

Cara Membuat Efek Starburst: Foto Cahaya Lampu Tampak Seperti Bintang

Efek bintang sering kita lihat dalam pemotretan malam hari, contohnya foto lalu lintas jalan raya atau foto kondisi kota (cityscape), namun kecuali anda udah paham bagaimana tekniknya, mengakibatkan pengaruh ini di waktu apa-pun tentu saja bisa.

Efek ini akan muncul waktu kita memotret sebuah sumber cahaya bersama dengan bukaan lensa kecil, entah yang difoto itu lampu jalan ataupun lampu kendaraan. Dengan bukaan kecil akan mengakibatkan cahaya yang muncul berpendar membentuk lebih dari satu sudut cahaya atau sederhananya bersifat seperti bintang.

Untuk memperoleh pengaruh seperti ini anda tak harus repot-repot untuk mengedit gunakan software, kecuali sudi sedikit bereksperimen bersama dengan kamera dan lensa, anda bisa segera mendapatkannya waktu memotret, namun tentu dibutuhkan lebih dari satu trik dan cara tersendiri untuk memperoleh pengaruh ini segera di foto www.teknopax.com .

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengakibatkan pengaruh cahaya lampu kelihatan seperti bintang di foto.

1. Gunakan Mode Manual (M) atau Aperture Priority ( A/Av)
Pastikan lebih-lebih dahulu anda udah paham bagaimana caranya mengganti mode pada kamera, tiap tiap kamera punya roda untuk mengganti menu di anggota atas kamera, dimana roda berikut bisa diputar yang mengarahkan panah pada tiap-tiap mode yang dipilih.

Nah pilihlah mode Manual yang sering disimbolkan bersama dengan huruf M atau mode Aperture Priority yang disimbolkan bersama dengan Av atau A saja. Mungkin anda menanyakan kenapa cuma kedua mode berikut ? Oke, dalam mengakibatkan pengaruh bintang, pada dasarnya kita harus menyesuaikan aperture/bukaan diafragma lensa.

Baca juga : Aperture Dan Dampaknya Dalam Foto

Agar supaya kita bisa bersama dengan gampang membuat perubahan nilai berasal dari aperture atau bukaan lensa, maka kedua mode tersebutlah yang paling tepat. Namun tiap-tiap mode punya cara tersendiri untuk membuat perubahan nilai aperture, untuk itu mari kita lihat cara ke dua.

2. Seting nilai Aperture pada bukaan kecil
Efek bintang yang kita bicarakan tadi akan muncul cuma apabila kita gunakan bukaan lensa yang kecil. nah di mode Manual atau Aperture Priority silakan pindah nilai aperture yang muncul di layar bersama dengan nilai yang besar, pahami lagi bagaimana aperture dan cara penamaan di kamera pada link tadi.

Aperture yang kecil ditandai bersama dengan nilai F yang besar di kamera, silakan anda pindah nilai F itu menjadi besar. Saran aku gunakanlah f/14 atau f/16, menghindari bukaan yang sangat kecil seperti f/25 atau f/32 sebab akan mengakibatkan difraksi lensa dan ketajaman foto akan banyak berkurang.

Selanjutnya kemungkinan yang sedikit membingungkan adalah membuat perubahan nilai aperture di kamera, kecuali anda gunakan mode manual, tiap-tiap kamera punya caranya masing-masing.

Kamu juga bisa mengakses buku manual kamera atau search di Google cara mengganti nilai aperture sesuai bersama dengan kameramu. Biasanya pada anggota atas kamera dekat tombol shutter tersedia tombol khusus yang bergambar diafragma atau semacam itu yang fungsinya untuk mengganti nilai aperture.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *