Panduan untuk Perkembangan Otak Anak Anda

Otak anak mengalami perkembangan sejak ia dilahirkan. Perkembangan ini dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk hubungan, pengalaman, dan suasana hati anak.

Perkembangan otak anak dipengaruhi oleh pengalaman awal. Tahun-tahun awal ini sangat penting karena memengaruhi peluang anak untuk berprestasi, sukses, dan bahagia. Tahun-tahun awal balita memiliki efek yang berlangsung seumur hidup.

Antara konsepsi dan usia tiga tahun, otak anak mengalami sejumlah perubahan yang mengesankan. Dalam tiga tahun pertama, otak anak menghasilkan dua kali sinapsis seperti pada orang dewasa. Sinapsis adalah struktur yang memungkinkan satu sel saraf untuk melewatkan sinyal listrik atau kimia ke sel saraf lain. Sinapsis terbentuk lebih cepat selama tahun-tahun perkembangan otak anak dibandingkan dengan waktu lainnya. Selama usia awal perkembangan ini, otak dapat menangkap pengalaman dengan lebih efektif dan cepat dibandingkan pada usia selanjutnya.

Pengalaman-pengalaman ini berpotensi mempengaruhi perkembangan otak ; anak-anak rentan terhadap pengaruh negatif yang terus-menerus selama periode ini. Ketika Anda memberikan pengalaman yang penuh kasih dan kaya bahasa kepada anak Anda, Anda memberi otak mereka koneksi netral dan sebagai imbalannya, anak Anda akan memperoleh keterampilan perencanaan dan bahasa yang lebih baik.

Setiap orang tua harus memiliki percakapan yang bermakna dengan anak-anak mereka dan lebih memperhatikan minat mereka dan melakukan pengamatan tentang balita mereka. Anda harus membangun kepercayaan mereka pada Anda dengan menjadi perhatian dan fokus terhadap mereka. Nyanyikan lagu atau sajak sambil meminta mereka membantu Anda membersihkan. Ini akan mengarahkan mereka untuk belajar tentang menyortir sesuatu dan mengkategorikan dan bernyanyi dapat membuatnya menyenangkan dan membantu mereka untuk menghafal sesuatu. Hitung berapa jumlah anak tangga yang ada di rumah Anda. Atau jari tangan dan kaki anak Anda. Hitung dengan suara keras dan biasakan dan segera balita akan bergabung. Berjalan-jalan di dalam rumah dan buat dia menyentuh tangan untuk hal-hal yang berbeda dan ini dapat membantu dalam memberi label pada barang-barang.

Anak-anak yang aktif di pembibitan membutuhkan nutrisi ekstra untuk mengatasi kebutuhan energi yang lebih tinggi. Ketika anak-anak melangkah ke lingkungan baru, penting bagi mereka untuk memiliki nutrisi kekebalan yang kuat untuk membantu fungsi kekebalan yang sehat. Penting untuk memastikan bahwa anak Anda tumbuh dengan baik karena perkembangan otak 90% terjadi pada usia 6 tahun. Nutrisi seperti DHA, Kolin, Zat Besi, Yodium, dll memastikan perkembangan otak yang sehat. Pada usia ini, anak-anak mencapai 70% dari tinggi badan orang dewasa itu sebabnya protein tinggi dan kalsium susu penting untuk pertumbuhan tulang yang penting untuk penambahan tinggi badan.

Terima kasih telah membaca artikel kami ini. Kami adalah salah satu penyedia informasi seputar ibu dan anak. Jika Anda menyukai artikel kami, silahkan kunjungi artikel kami lainnya dengan mengklik tautan yang kami sediakan. [http://www.zonamama.com]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *