Kalkulator Perencanaan Pensiun – Dari Kotak korek api ke Monte Carlo

Saat menggunakan kalkulator perencanaan pensiun, orang hanya mencoba menentukan apakah mereka akan memiliki cukup uang untuk pensiun.

Kalkulator ini berkisar dari jumlah aritmatika paling sederhana hingga model komputer yang sangat kompleks. Tetapi metode apa pun yang Anda gunakan, melakukan sesuatu jauh lebih baik daripada tidak melakukan apa-apa. Siapa pun yang melakukan perencanaan paling dasar sekalipun menempatkan mereka jauh di depan orang-orang yang mengabaikan situasi mereka.

Dalam banyak kasus, orang mengabaikan masalah ini karena mereka hanya berharap dengan sia-sia bahwa semuanya akan baik-baik saja. Dalam banyak kasus lain, mereka mengabaikan kenyataan buruk bahwa mereka sebenarnya tidak akan pernah punya cukup uang untuk pensiun.

Mungkin percaya bahwa entah bagaimana pemerintah, atau keberuntungan, akan menjadi penyelamat mereka.

Aturan praktis dan mitos berlimpah mengenai berapa banyak uang yang akan dibutuhkan untuk pensiun. Dari jumlah pengeluaran seperti 70% dari cara menghitung gaji bersih akhir Anda hingga investasi 15 hingga 20 kali gaji tahunan terakhir Anda. Mereka semua hanya rata-rata. Begitu banyak faktor yang menentukan berapa banyak uang yang akan Anda butuhkan dan jenis investasi apa yang Anda butuhkan sehingga setiap orang harus melakukan perhitungan mereka sendiri berdasarkan situasi mereka sendiri.

Anda dapat memilih. Mulai dari yang paling sederhana, sangat kasar, perhitungan kotak korek api sederhana hingga kalkulator perencanaan pensiun yang sangat kompleks dan canggih yang telah dikembangkan untuk memperhitungkan semua variabel dan faktor yang berbeda.

Namun kompleksitas model tidak ada hubungannya dengan akurasi akhir.

Semua model keuangan pensiun ini tunduk pada sejumlah besar asumsi. Faktor-faktor seperti harapan hidup, kesehatan masa depan dan keadaan ekonomi tidak mungkin untuk diprediksi dan oleh karena itu hasil akhirnya hanyalah kasus tebakan terbaik.

Ada banyak kalkulator perencanaan pensiun keuangan berbasis komputer di pasaran. Semuanya pada dasarnya sangat sederhana tetapi semuanya menderita masalah dasar yang sama… mereka hanyalah campuran dari perkiraan yang tidak diketahui.

Dengan menyajikan hasil yang sangat objektif, presentasi profesional menciptakan ilusi presisi dan akurasi. Model-model ini terutama digunakan oleh lembaga keuangan untuk meyakinkan Anda untuk berinvestasi dalam produk mereka. Oleh karena itu, meskipun mereka mungkin sangat baik sebagai alat pemasaran, mereka agak kurang sebagai alat perencanaan pensiun keuangan.

Namun ada satu metode yang semakin populer. Dikatakan bahwa kalkulator perencanaan pensiun terbaik yang digunakan untuk menilai kemungkinan skenario keuangan pensiun Anda adalah simulasi Monte Carlo. Dengan menggunakan berbagai skenario, analisis Monte Carlo akan menunjukkan apa yang akan terjadi dengan situasi pasar yang berbeda. Melalui daya komputasi yang besar, ia dapat menilai banyak variabel dan menyajikan berbagai hasil.

Pentingnya jenis kalkulator ini adalah membuat orang mempertimbangkan investasi dan perencanaan jangka panjang bukan dalam hal kepastian melainkan sebagai berbagai kemungkinan. Jadi perencanaan keuangan pensiun bukanlah situasi hitam-putih tetapi berbagai tahap abu-abu berdasarkan campuran dan bobot semua variabel.

Jadi berhati-hatilah dalam menempatkan terlalu banyak ketergantungan pada plug-and-play, satu jawaban, kalkulator perencanaan pensiun pemasaran yang disediakan oleh banyak lembaga keuangan. Jika Anda akan menggunakan segala bentuk model berbasis komputer, simulasi Monte Carlo akan memberikan rentang hasil yang paling luas.

Tetapi bahkan ini semua mungkin salah dan perhitungan berbasis kotak korek api Anda sebenarnya bisa menjadi pemenang!

Baca juga: Hal yang Mungkin Belum Kamu Tahu Soal Mixer Dapur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *